Posted in IT

Memilih Windows Vista, Ubuntu 9.04, atau Windows 7

Operating System(OS) yang tertera dalam judul adalah operating system yang banyak dipakai oleh banyak orang saat ini. Jika Anda sedang memilih salah satu OS diatas maka Anda dapat memilih OS setelah Anda memilih review berikut.

Benchmark dilakukan dengan menggunakan Komputer Dell dengan spesifikasi sebagai berikut:

  • Proc: Intel Core i7 920  hyperthreading 8MB of L3 cache
  • Memori: 6GB of RAM
  • Hardisk: 500GB dengan 16MB cache.

Spesifikasi OS yang digunakan antara lain:

  • Windows Vista SP1 32 bit
  • Windows Vista SP1 64 bit
  • Linux Ubuntu 9.04 (22 januari 2009)
  • Windows 7 Open beta 32 bit
  • Windows 7 Open beta 64 bit

Dari ketiga Operating system ini didapat bahwa Windows vista 64 bit memakan hardisk yang lebih banyak daripada OS yang lain. Anda dapat melihat grafik nya sebagai berikut.

Anda dapat melihat perbedaan jauh antara windows dan linux yang hanya memakan hardisk lebih kecil. Tapi Anda akan dihadapkan dengan program-program yang berjalan di OS masing-masing. Sesuaikan OS berdasarkan software yang akan Anda pakai.

Selain disk space used, benchmark juga dilakukan terhadap I/O. Berikut adalah hasil dari duplikasi file besar dari USB ke HD dan HD ke HD. Sebagai referensi untuk file yang di duplikasi berjumlah 39 file dalam satu folder dengan besar file total 339MB.

Benchmark file besar dari USB ke HD

Benchmark dari HD ke HD
Benchmark dari HD ke HD

Secara keseluruhan Vista Sp1 64 bit lebih tinggi nilainya dari OS yang lain. Bagi Anda yang mobile menggunakan Laptop dan bekerja dengan file besar dan butuh kecepatan dalam transfer file Anda dapat memilh vista 64 bit atau windows 7 sebagai referensi Anda dalam memilih OS. Sebagai referensi saya juga melampirkan benchmark untuk file yang kecil, dengan spesifikasi file adalah 2.154 file dalam 127 folder dengan total file 603 MB. Untuk benchmark I/O ini wfite caching dimatikan. Berikut adalah hasil benchmark file kecil.

Benchmark file kecil dari USB ke HD
Benchmark file kecil dari USB ke HD
Benchmark file kecil dari HD ke HD
Benchmark file kecil dari HD ke HD

Anda dapat melihat benchmark lainnya pada web ini.

Benchmark file I/O ini membuat saya berfikir bagaimana apabila semua OS ini berada dalam satu network. Bagaimanakah transfer rate antar OS? Berdasarkan pengamatan saya dan tanpa melihat faktor lain(virus yang memperlambat sistem) saya  pernah mencobanya. Ketika itu, di tempat kerja saya terdapat satu jaringan(dihubungkan  dengan ethernet) yang menghubungkan antara Mac OS dengan iMac tiger, windows Xp dengan PC desktop, dan linux KDE dengan PC desktop. Dengan spesifikasi masing-masing komputer yang hampir sama yaitu Core 2 Duo 2 GHz 1GHz RAM, saya mencoba test dengan hanya pengamatan mata saja (tanpa software). File yang ditransfer adalah file dengan spesifikasi 1 Giga(saya lupa jumlah file dan foldernya).

Ketika mencoba antar iMac dengan Mac OS, transfer file berlangsung sangat cepat tidak lebih dari 3 menit file sudah terduplikasi. Kemudian saya coba antar windows dan antar KDE ternyata lebih lambat daripada antar Mac  OS. Kemudian saya juga mencoba transfer Mac dan Windows, ternyata lebih lambat dari transfer file antar iMac. Maaf saya menggunakan pengamatan ini hanya dengan mata saja dikarenakan ketika saya ingin kembali lagi mencobanya, karena saya sudah tidak bekerja lagi di tempat itu.

Hal ini membuat saya mengambil kesimpulan bahwa dalam satu jaringan jika Anda ingin transfer file menjadi lebih efisien maka gunakanlah satu OS saja. Tentu saja dengan perbedaan OS ada sisi baik dan buruknya. Sisi baiknya adalah transfer file lebih efisien dalam waktunya. Sisi buruknya adalah ketika satu komputer terkena virus maka komputer lain akan terkena juga(virus yang menduplikasi diri dalam network), hal ini tidak akan terjadi pada jaringan dengan komputer-komputer yang berbeda-beda OSnya. Jika komputer ber-OS windows terkena virus maka virus tersebut belum tentu dapat berjalan pada OS lainnya. Biasanya virus dibuat untuk suatu OS tertentu saja.  Sisi buruk lainnya adalah software yang digunakan untuk setiap OS untuk menjalankan file yang sama dapat  berbeda-beda, sehingga user harus mempelajari semua program di masing-masing OS. Misalkan file yang sederhana jpg, pada OS windows Anda dapat menjalankan file ini menggunakan Windows photo gallery, aplikasi iPhoto dalam Mac OS dan aplikasi Kviewer dalam KDE.

Referensi:  http://www.tuxradar.com/node/33

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s