Posted in Tugas

Tugas Pertemuan Ke-2

1. Buku hijau lebih menceritakan bagaimana perdebatan alot pada berbagai aliran filsafat dalam rentang masa modern hingga postmodern. Buku ini juga banyak menceritakan tema-tema pokok filsafat dan ilmu pengetahuan yang belum banyak didiskusikan di negeri kita.
Adapun buku ibu yuyun menceritakan bagaimana dasar-dasar pengetahuan, dan epistimologi nya.
2. Archimides menemukan hukum archimides . Archimides sangat penting dalam mengembangkan teori volume, yang selanjutnya banyak dipakai untuk menghitung ukuran dari volume.
Pythagoras menemukan hukum pythagoras, dengan adanya hukum Pythagoras maka segitiga-segitiga yang beraturan dapat dihitung. Penggunaaan dalam bidang arsitek dan sipil sangat diperlukan.
Rene Descartes menemukan system koordinat kartesius. Dengan menggunakan system koordinat ini, orang jadi mengetahui tentang skala dan ukuran.
3. Kepadatan lalu-lintas
Kepadatan lalu-lintas merupakan akibat dari jumlah kendaraan yang dijual tiap tahunnya dan ketersediaan dan kenyamanan transportasi umum sebagai alternatif dari alat transportasi pribadi. Jika dirunut, penjualan kendaraan bermotor dari tahun ke tahun semakin meningkat sedangkan lebar jalan tidak berubah, pembangunan jalan baru tidak bertambah, hal ini mengakibatkan kepadatan lalu-lintas. Ketersediaan transportasi umum adalah solusi dari kepadatan lalu-lintas, dengan adanya transportasi umum yang nyaman, aman, efektif, cepat, dan mudah membuat penduduk lebih memilih transportasi umum. Kepadatan lalu lintas jakarta seharusnya dapat diatasi dengan adanya transportasi umum dengan syarat yang disebutkan tadi. Penduduk lebih memilih yang cepat daripada berlama-lama dijalan, lebih memilih yang nyaman daripada berpanas-panasan dijalan, lebih memilih yang mudah daripada harus menuju tempat parkir membayar parkir dan membayar pajak kendaraan bermotor. Pemerintah sebaiknya melihat hal ini dan melihat juga dari sisi bisnisnya. Jika pemerintah membuat transportasi umum yang diinginkan oleh masyarakat banyak maka akan mendatangkan banyak penghasilan bagi pemerintah itu sendiri. Intinya managemen keuangannya harus diatur sedemikian rupa, seperti jalan tol. Ketika awal membangun jalan tol, ruginya luar biasa, tidak akan untung, tetapi untungnya akan terlihat setelah beberapa tahun kemudian. Kepadatan lalu lintas menjadi isu global, akan tetapi banyak juga yang dapat menyelesaikannya. Seperti kota newyork yang padat, mereka berhasil mengurangi kepadatan kota newyork dengan menghadirkan transportasi umum. Saya yakin indonesia bisa.
Kemiskinan dan Pengangguran
Kemiskinan di kota besar sebagian besar sudah menjadi latah bagi sebagian orang. Kemiskinan menjadi alibi untuk mencari perkerjaan, menjadi alibi untuk daripada menjadi pengangguran. Akan tetapi kemiskinan juga ada yang memang miskin. Miskin menurut agama islam artinya masih bisa membiayai hidupnya akan tetapi masih mempunyai hutang. Adapun fakir artinya seseorang yang sudah tidak bisa membiayai hidupnya, tidak bisa makan. Masih banyak masyarakat yang fakir di indonesia dan miskin(apalagi). Miskin merupakan dampak atau akibat dari keterbelakangan pendidikan, melalui pendidikan dan pengalaman akan mengurangi kemiskinan dan pengangguran. Logikanya adalah jika orang berpendidikan atau berpengalaman, akan bekerja atau membuat pekerjaan. Sementara itu, tinggal pemerintah yang menghitung perbandingan antara jumlah pekerja dan lapangan pekerjaan. Strategi pemerintah dalam mengembangkan entrepreneur juga sangat penting disini dalam rangka mendapatkan lapangan kerja sebanyak-banyaknya. Intinya perlu ada kerjasama dari sisi pemerintah dan masyarakat agar kemiskinan tidak lagi ada.

Advertisements

One thought on “Tugas Pertemuan Ke-2

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s